WHAT'S NEW?
Loading...

Instruksi Timer


instruksi timer pada simulasi Simatic Step 7 bisa di dapat pada area Program elements , seperti terlihat pada gambar di atas.
Pada praktikum kali ini akan di buat suatu system yang mampu menyala selama 2 detik dan mati 1 detik. Sitem akan di bangun dengan instruksi timer.


Sebelum membuat system akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu cara penggunaan dari intruksi timer. Untuk mengawali saya akan menggunakan instuksi On Delay Timer ().
Berikut adalah bentuk blok dari S_ODT(on delay timer) :

Cara kerja dari S_ODT ini yaitu akan menahan waktu untuk menyala sesuai waktu yang di tentukan, misalkan saya atur waktunya 5 detik, jika timer mendapat sumber pada kaki S maka tidak akan langsung menyala, timer akan melakukan perhitungan terlebih dulu selama 5 detik, setelah hitungan habis timer akan menyala.
Cara pengaturan S_ODT sebagai berikut :
Kaki S    : sumber listrik
Kaki TV                 : S5T#5T (kaki ini digunakan sebagai pengatur waktu dengan memberikan tulisan S5T#value,  pada contoh saya menulis S5T#5S, ini berarti saya mengatur waktunya 5 Second (detik)).
Kaki R    : untuk reset jika mendapatkan sumber, (boleh di kosongkan jka tidak menginginkan me-reset timer).
Q             : output (tipe Boolean)
BI            :output tipe Word
BCD        : output tipe word
S_ODT : pemberian nama untuk timer (missal di beri nama T1)
Misal pada gambar di bawah saya gunaka S_ODT dengan nama T1 , input dari I13.1, pada kaki TV saya tulis S5T#2S ini berarti saya atur 2 detik dan outputnya dari Q.








Selain S_ODT ada juga S_OFFDT yaitu Of delay timer, yang merupakan kebalikan dari S_ODT. S_OFFDT akan menahan waktu untuk mati. Berikut adalah bentuk blok dari S_OFFDT(of delay timer) :

cara pengaturannya sama dengan S_ODT.



Untuk membuat system yang mampu menyala selama 2 detik dan mati 1 detik. Bisa di lakukan dengan berbagai kombinasi timer. Saya akan membuatnya dengan kombinasi S_ODT dengan S_OFFDT, dan juga kombinsai antara dua buah S_ODT, Kombinasi antara Duah Buah S_OFFDT .
 

Dengan Kombinasi S_ODT Dengan S_OFFDT :

 

Pada program di atas, ketika start(I12.0) di tekan maka kaki S pada T1 mendapatkan sumber dan T1 akan mulai melakukan perhitungan setelah 1 detik kemudian T1 akan aktif seketika itu juga Q T1 memberikan masukan ke kaki S pada T2, T2 akan aktif begitu juga Q16.1. ketika T2 aktif maka kontak T2 yang bersifat NC akan membuka dan akan memutus sumber ke kaki S pada T1, sehingga T1 mati dan kaki S dari T2 tidak mendapat sumber sehingga T2 akan mulai melakukan perhitungan , selama melakukan perhitungan T2 masih aktif. Setelah 2 detik kemudian baru akan mati. Maka akan terjadi flip flop dengan waktu hidup 2 detik dan mati 1 detik
 

Kombinsai Antara Dua Buah S_ODT :


Program ini memakai 2 buah S_ODT kemudaia output di ambil dari T3. ketika start di tekan T3 akan melakukan perhitungan, setelah 1 detik maka T3 akan menyala sekaligus Q16.2 dan juga T4 akan mulai melaikan perhitungan. Setelah 2 deti kemudaia T4 aktif dan kontak T4 akan membuka dan akan mematikan T3 sekaligus mematikan Q16.2. seterusnya begitu.
 

Kombinasi Antara Duah Buah S_OFFDT :

 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : Syahroni Hidayat
NRP   : 3110131053
kelas   : 2D4 T. MEKATRONIKA B


dosen :  Eko Budi Utomo

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar